Persiapan dan biaya



Menentukan komitmen sangat penting

Pasangan yang telah menjalani program bayi tabung menyadari bahwa mereka sudah melakukan segalanya untuk mewujudkan mimpi memiliki anak. Banyak yang langsung berhasil, tapi ada juga yang melakukannya berkali-kali. Anda harus tegar dan persiapkan diri Anda untuk kemungkinan terburuk. Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan.

Belajar untuk mengatasi stress. Ketika orang-orang menghadapi stress, mereka akan mengatasinya dengan cara yang berbeda-beda. Strategi seseorang dalam menghadapi masalah akan berbeda satu dengan yang lainnya. Beberapa metode bisa sangat efektif atau malah tidak sama sekali mengatasi stress Anda. Pasangan Anda mungkin memiliki pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, jadi disarankan untuk melakukan tes bersama. Bandingkan hasilnya dan makin mengerti satu dengan yang lain. Bangun jaringan yang bisa mendukung Anda. Teman-teman yang tepat dan keluarga terdekat bisa memberikan Anda kenyamanan dan dukungan. Mungkin sulit bagi mereka untuk mengetahui apa kebutuhan Anda. Jangan biarkan mereka menerka. Beritahu mereka dan sampaikan apa yang Anda butuhkan. Gunakan bagan jaringan dukungan untuk membangun kelompok orang-orang terdekat.

Seimbangkan hidup Anda. Terapi ini akan memakan banyak waktu sehingga hindarilah untuk membuat hidup Anda terpengaruh. Dengan sedikit perencanaan, waktu akan berlalu dan Anda akan menemukan kekuatan untuk menjalani terapi satu ke terapi lainnya. Gunakan agenda per minggu untuk membantu Anda menjalaninya.