Pertanyaan yang sering diajukan



Apakah masalah saya unik?
Perkiraan terbaru menyatakan ketidaksuburan mempengaruhi 10 persen populasi selama masa merawat anak. Penurunan drastis potensi tidak subur pada wanita terjadi mulai usia 35 tahun.

Apakah saya mandul?
Kemandulan itu jarang. Survei besar di Inggris menyebutkan bahwa hanya 2,4 persen wanita berusia 40-55 tahun yang memiliki masalah ketidaksuburan yang tidak dapat dipecahkan karena ternyata tidak hamil pada masa reproduktif mereka. 1,9 persen tidak melahirkan walaupun sempat hamil. Bagi banyak pasangan, harapan untuk hamil tetap ada walaupun dengan sedikit bantuan.

Kepada siapa saya harus mempercayakan masalah?
Anda mungkin ingin merahasiakan semua masalah ketidaksuburan Anda. Ini masuk akal karena tekanan dan banyaknya tes yang Anda hadapi. Tapi ada banyak alasan juga untuk mendapatkan dukungan. Temukan mengapa Anda harus berbagi kisah saat sedang menjalani terapi.

Apakah yang mempengaruhi kualitas sperma?
Kualitas dan kualitas air air mani bisa mempengaruhi kemampuan sperma untuk membuahi sel telur. Pergerakan sperma merupakan faktor penting. Walaupun jumlah spermanya sedikit, pria dengan kemampuan berenang sperma yang tinggi disebut subur.

Berapa lama seharusnya saya di terapi clomiphene citrate?
Clomiphene akan mendorong ovulasi sekitar 80 persen pada pasien tertentu. Sekitar 40-45 persen wanita yang menjalani terapi ini akan hamil setelah menjalankannya sebanyak 6 kali. Para ahli menyarankan clomiphene tidak diberi lebih dari 6 kali karena kesempatannya lebih kecil jika melebihi. Solusinya, terapi seperti inseminasi ataupun bayi tabung bisa dilakukan.

Apakah semua terapi kesuburan memiliki prosedur dengan kompleksitas sangat tinggi?
Tidak. Banyak pasangan berhasil dalam usaha mereka dengan menjalankan prosedur yang relatif sederhana, kompleksitas rendah. Hampir di semua prosedur ART, seperti di metode In Vitro Fertilization (IVF) semuanya sederhana dan tidak lagi sekedar hanya menyelidiki atau bereksperimen.

Seberapa sukses terapi kesuburan?
Kemajuan dalam pengobatan, operasi mikro, dan teknologi bayi tabung membuat kehamilan mungkin terjadi bagi pasangan yang ingin mencobanya. Secara khusus, tingkat kesuksesan meningkat drastis pada pemakaian teknologi bayi tabung. Penelitian di Denmark tahun 2009 menemukan bahwa dalam waktu 5 tahun mencoba teknologi bayi tabung, hampir 70 persen pasangan berhasil memiliki minimal 1 anak. Penting untuk diingat bahwa tingkat kesuksesan terapi kesuburan tidaklah mutlak. Hasilnya akan berbeda antara satu pasangan dengan yang lainnya.

Adakah efek samping yang muncul saat menjalankan terapi hormonal?
Studi klinis menunjukkan bahwa terapi hormon memiliki keamanan yang baik.
Namun, bagaimanapun juga, obat-obatan medis memiliki kemungkinan efek samping. Dokter Anda akan sampaikan potensi efek itu dan memonitor respon tubuh Anda. Ingatlah untuk melaporkan semua gejala kepadanya.

Apa yang harus kami lakukan jika terapi yang sedang kami jalankan tidak berhasil?
Pengobatan profesional menawarkan banyak pilihan terapi ketidaksuburan dengan masing-masing kompleksitasnya. Jika terapi pertama Anda tidak berhasil, diskusikan dengan dokter Anda tentang waktu yang tepat untuk mencari bantuan yang lebih spesifik. Baca lagi tentang kemungkinan menjalani terapi lain.

Pasangan saya tidak bermasalah dengan ejakulasi. Apakah ini membuktikan bahwa dia subur?
Beberapa pria mungkin memiliki jumlah sperma yang sedikit, motilitas sperma yang rendah atau kualitas sperma yang buruk dan tidak berejakulasi. Dalam beberapa kasus, ejakulasi mungkin saja tidak menghasilkan sperma sama sekali. Tidak dapat dipastikan mengapa hal itu terjadi kecuali dilakukannya analisa laboratorium.

Apa penyebab masalah ketidaksuburan pada wanita?
Permasalahan ketidaksuburan pada wanita dapat berupa banyak hal, termasuk gangguan hormon atau ovulasi, kelainan anatomi, kelainan kromosom, dan lainnya yang tidak bisa dijelaskan. Satu masalah mendasar yang menjadi akar dari segala masalah adalah usia. Potensi tidak subur pada wanita menurun drastis sejak usia 35 tahun. Baca tentang pengaruh usia dalam sistem reproduksi.

Apa penyebab masalah ketidaksuburan pada pria?
Masalah utama dalam ketidaksuburan pada pria adalah kegagalan dalam memproduksi sperma yang sehat.  Azoospermia (tidak adanya sel sperma di air mani) and oligospermia (produksi sel sperma dalam jumlah rendah) keduanya menyebabkan ketidaksuburan. Kelainan sel sperma atau faktor anatomi dapat menyebabkan masalah bagi kesuburan Anda. Pelajari lagi tentang sistem reproduksi pria dan kesulitan dalam pembuahan.

Tes apa yang harus saya dapatkan jika pergi ke dokter?
Dokter Anda akan memulainya dengan tes yang paling simple dan sedikit prosedur seperti meraba bagian tubuh Anda, tes darah dan sperma, dan USG. Jika penyebabnya tidak dapat diketahui segera, tes yang lebih rumit akan Anda hadapi. Temukan tentang tes dan terapi kesuburan.

Seberapa aman terapi bayi tabung?
Bayi tabung pertama lahir di Inggris tahun 1978. Dia bernama Louise Brown. Dia melahirkan anaknya pada tahun 2006 tanpa metode yang sama seperti kelahirannya. Setiap dokter dan klini memiliki tingkat pengalaman yang berbeda dalam menjalankan prosedur bayi tabung. Pastikan Anda nyaman dengan klinik pilihan Anda sebelum memulai terapi.

Sering saya merasa pasangan terlihat kurang peduli dengan proses yang sedang kami jalani. Apakah hal tersebut normal pada pria?
Pria dan wanita itu berbeda. Mereka berkomunikasi dengan cara yang berbeda, cara mereka menghadapi masalah juga berbeda. Kemungkinannya adalah perasaannya sama dalamnya dengan Anda, tapi dia menghadapinya dengan berbeda. Bisa memahami perbedaan ini akan menolong Anda terhindar dari salah pengertian dan memampukan Anda menikmati pengalaman bersama sebagai pasangan.