Bayi-Tabung



Jika menengok perkembangan teknologi kesehatan di negeri ini dalam 15 tahun ke belakang, memang masih banyak orang yang lebih percaya dengan negara tetangga untuk mengonsultasikan masalah kesehatan mereka. Termasuk dengan konsultasi program bayi tabung yang memang sudah lebih dahulu di kenal di negara lain sejak lama.

Namun trend tersebut kian berubah, sebab kini telah banyak klinik bayi tabung dengan reputasi luar biasa hadir di Indonesia. Tingkat keberhasilannya pun tak perlu di ragukan lagi, bahkan di Indonesia sendiri angka keberhasilan dari program bayi tabung sudah diatas rata-rata persentase keberhasilan program bayi tabung di seluruh dunia.

Teknologi canggih tentu berperan besar dalam meningkatkan peluang keberhasilan bayi tabung. Dan saat ini, hampir sebagian besar klinik bayi tabung terpercaya di Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut . Teknologi semacam Kultur Blastocyst dan Assisted Hatching yang telah banyak diterapkan di negara Asia lain seperti Jepang, kini semakin lazim dijumpai di klinik bayi tabung di Indonesia. Belum lagi peran dokter-dokter spesialis yang semakin berpengalaman dalam mengatasi berbagai problematika kesuburan. Hal tersebut praktis menjadikan program bayi tabung di Indonesia semakin perlu dipertimbangkan.

Lagipula jika Anda memutuskan untuk menjalani program serupa di negara lain, perhitungkan kembali cost yang akan terbuang. Jika dihitung kembali, biaya untuk program bayi tabung di luar negeri bisa 2 sampai 3 kali lipat harga Indonesia. Belum lagi jika ditambah dengan biaya lainnya, seperti penginapan, dan akomodasi Anda beserta suami. Sementara outcome yang didapat kurang lebih sama. Lantas untuk apa menjalankan program bayi tabung sampai jauh-jauh ke negeri tetangga?

Perhitungkanlah kembali matang-matang sebelum Anda memutuskan. Jika teknologi mutakhir adalah pertimbangannya, seperti telah diuraikan diatas, bahwa saat ini telah banyak klinik bayi tabung dengan teknologi serupa di negeri ini. Begitu jga dengan dokter spesialis, yang kian terbukti dengan persentase tingkat keberhasilan pasien mereka yang kian meningkat.